Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 23 Februari 2014

UNIKNYA PUDING








Puding terbuat dari agar-agar yang karbohidrat dengan berat molekul tinggi yang mengisi dinding sel rumput laut. Merupakan suatu polimer yang tersusun dari monomer galaktosa. Agar-agar dapat dibentuk sebagai bubuk dan diperjualbelikan. Gel terbentuk karena pada saat dipanaskan di air, molekul agar-agar dan air bergerak bebas.
Ketika didinginkan, molekul-molekul agar-agar mulai saling merapat, memadat dan membentuk kisi-kisi yang mengurung molekul-molekul air, sehingga terbentuk sistem koloid padat dalam cair atau yang disebut dengan sol liofil di mana fase terdispersinya senang akan medium pendispersinya (senang akan cairan) atau di katakan juga afinitas atau daya tarik terhadap mediumnya sangat kuat. Koloid terbentuk melalui cara dispersi.
 Sifat ini menarik secara inderawi sehingga banyak olahan makanan melibatkan agar-agar,seperti pengental sup, puding (jelly), campuran es krim, anmitsu (di Jepang), Agar-agar dikenal luas di daerah Asia Tropika sebagai makanan sehat karena mengandung serat atau fiber lunak yang tinggi dan kalori yang rendah. Kandungan serat lunak yang tinggi membantu melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan di usus (laksatif). Selain digunakan sebagai makanan, agar-agar juga digunakan secara luas di laboratorium sebagai pemadat kemikalia dalam percobaan, media tumbuh untuk kultur jaringan tumbuhan dan biakan mikroba, dan juga sebagai fase diam dalam elektroforesis gel. Di laboratorium, agar-agar (biasanya dikemas dalam bentuk bubuk) dikenal sebagai agar atau agarosa saja.
Puding adalah makanan seperti agar-agar yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Puding mengandung energi sebesar 600 kalori, protein 1,9 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 0 gram, kalsium 33,5 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0,2 miligram.  Selain itu di dalam Puding juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 189 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Puding, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Puding :

 
Bagian Puding yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi = 600 kal
Jumlah Kandungan Protein = 1,9 gr
Jumlah Kandungan Lemak = 0 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat = 0 gr
Jumlah Kandungan Kalsium = 33,5 mg
Jumlah Kandungan Fosfor = 0 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi = 0,2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C = 189 mg



MANFAAT

Puding coklat ternyata sangat membantu metabolisme tubuh kita. Menurut beberapa sumber, ternyata puding ini terdiri atas 600 kalori, protein, serta karbohidrat. Puding coklat sebaiknya dimakan pada waktu pagi hari, ketika metabolisme tubuh sedang aktif.
Dengan begitu, biasanya seseorang dapat bekerja justru lebih baik dengan kelebihan kalori sepanjang hari. Sarapan pagi penting dalam menyediakan energi untuk melaksanakan perkerjaan, juga membantu fungsi otak dan mendorong dimulainya metabolisme. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika pada waktu sarapan, juga ditambahkan jenis makanan penutup, seperti puding coklat.
Hal ini dapat mengontrol nafsu makan sepanjang hari, dan semua itu ternyata penting untuk menurunkan berat badan. Itulah salah satu manfaat puding ini sebagai makanan penutup pada waktu sarapan.
Menikmati kesegaran puding ini memberikan rasa yang begitu berbeda, apalagi jika dapat diolah dengan benar. Namun, banyak juga hal yang terjadi di luar kemampuan kita. Jika bukan ahli memasak, biasanya selalu ada kemungkinan untuk gagal. Walau kita sudah membaca resep dengan benar dan takaran yang sesuai.


Kelebihan protein tidak disimpan dalam tubuh,melainkan akan dirombak di dalam hati menjadi senyawa yang mengandung unsur N,seperti NH3 (amonia) dan NH4OH (amonium hidroksida),serta senyawa yyang tidak mengandung unsur N.


CARA MEMBUAT PUDING

ALAT :

§  Cetakan puding  1 buah
§   Panci 1 buah
§  Sendok sup besar 1 buah
§  Gunting 1 buah
§  Pisau 1 buah 
§  Air 3 gelas
§  Susu kental manis cokelat 1 buah
§  Cokelat bubuk 1 buah
§  Sendok makan 1 buah


BAHAN :

a. Puding

      - Agar-agar warna coklat                                            2 bungkus
      - Gula putih                                                                   500 gram
      - Coklat hitam                                                               1 batang
      - Strawberry                                                                  secukupnya
      - Susu murni                                                                  3 liter
      - Kacang almond                                                          secukupnya

  b.  Fla
  -  Fla 2 bungkus
 -  Air hangat 400ml



CARA KERJA :

     -  Masukkan 1500 ml susu murni ke dalam panci.
     Tambahkan  2 bungkus agar-agar rasa coklat
     -  Masukkan 250 gram gula putih atau sesuai selera.
     Masukkan coklat yang sudah dipotong-potong kecil ke dalam panci yang berisi susu tersebut.
     -  Aduk hingga merata sampai susu mendidih.
     - Tunggu hingga susu tidak terlalu panas.
     - Basahi cetakan agar-agar dengan air.
     - Tuangkan susu yang sudah bercampur dengan agar-agar rasa coklat tadi ke dalam cetakan  agar-agar.
     - Taburi dengan kacang almond/strawberry.
     - Simpan di dalam kulkas dan tunggu hingga puding dingin dan mengeras.
     - Hias puding tersebut dan siram dengan fla. Puding siap disajikan.












0 komentar:

Posting Komentar